Outdoor Wedding, Lebih Intim Namun Beresiko

sumber : http://female.kompas.com/read/2012/04/03/19241936/Outdoor.Wedding.Lebih.Intim.Namun.Beresiko#

KOMPAS.com – Resepsi pernikahan yang diadakan di gedung perkawinan saat ini semakin berkurang kepopulerannya di kalangan kaum muda. Perayaan di dalam gedung yang megah seringkali dianggap terlalu formal, karena yang diundang kebanyakan relasi orangtua. Oleh karena itu calon pengantin yang menginginkan perayaan yang lebih intim dan sederhana, biasanya memilih outdoor wedding. Pasangan pengantin tak harus terus berdiri di pelaminan, tetapi bisa berkeliling untuk menemui tamu-tamunya secara pribadi.

Nova Fernandez, penyedia jasa dekorasi Sentrabunga, merasakan betul perbedaan pesta pernikahan di dalam dan di luar ruangan. Pesta di luar ruangan terasa lebih kasual, dimana pasangan pengantin bebas mengembangkan konsep pernikahan yang mencerminkan gaya dan kebiasaan masing-masing pasangan.

Meskipun begitu, resepsi di luar ruangan bukannya tidak punya kekurangan. Menurut Nova, calon pengantin sebaiknya memilih tanggal yang tepat untuk outdoor wedding karena acara di luar ruangan sangat tergantung oleh cuaca.

“Kalau outdoor kendalanya hanya cuaca. Maka saya dan tim selalu menyarankan kepada calon pengantin agar membuat setengah indoor dan setengah outdoor. Agar pada saat hujan, atau angin, tamu masih bisa berlindung di ruangan. Meskipun biasanya lokasi indoor yang disediakan sangat kecil karena hanya untuk pelaminan dan keluarga pengantin,” jelas Nova saat ditemui Kompas Female di Bidakara Wedding Expo, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pengalamannya, tak sedikit acara outdoor wedding yang gagal karena hujan dan angin kencang. Tentu Anda tak ingin mengalami hal yang sama. Itu sebabnya, selain menyiapkan venue yang memenuhi syarat separuh indoor dan separuh outdoor untuk dekorasi, Nova juga menyiapkan tenda dan perlengkapan yang mampu menahan angin kencang.

Tempat favorit outdoor wedding
Jakarta, Bandung, dan Bali sampai sekarang masih menjadi lokasi outdoor party favorit. Di Jakarta, tempat favorit untuk outdoor wedding adalah Rumah 7A di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan; Rumah Maroko (Menteng), Rumah Pawon (Kemang), dan Rumah Saya (Pasar Minggu). Bahkan Gedung Arsip Nasional juga sering digunakan untuk lokasi outdoor wedding.

Sedangkan untuk Bandung, tempat favorit oudoor wedding adalah Kartipah, Maja House (baru dibangun), serta berbagai venue di daerah Lembang dan Dago Pakar, karena city view-nya yang indah, terutama di waktu malam. Bogor juga menjadi favorit, misalnya di dekat Kebun Raya Bogor.

Sedangkan Bali, kebanyakan outdoor wedding dilakukan di hotel-hotel ternama seperti The Ritz Carlton (kini bernama The Ayana Resorts and Spa Bali), dan Bulgari Hotel. Kebanyakan hotel memang memiliki lahan yang cukup tertata, dan siap didekorasi untuk outdoor wedding. Ditambah lagi, hotel berbintang pasti memiliki tim banquet yang mampu menyiapkan dekorasi lebih cepat dan menjaga kerapian serta kebersihannya.

 

Leave a Reply